/>

Kamis, 07 Agustus 2014

GERAK PADA MAKHLUK HIDUP DAN BENDA

Gerak Pada Makhluk Hidup dan Benda

Pada Bab ini kamu akan belajar tentang gerak makhluk hidup dan benda. Makhluk hidup dapat bergerak karena kemampuannya mengubah energi kimia menjadi energi gerak. Benda dapat bergerak karena mendapatkan gaya luar. Makhluk hidup dan benda tersebut memiliki pola pola tertentu. Berdasarkan pola tersebut para ahli menyusun hukum – hukum.
A.     Gerak pada Makhluk hidup
Manusia dan hewan memiliki gerak yang tidak jauh berbeda. Manusia dan hewan sama – sama menunjukkan gerakan – gerakan yang mudah diamati. Namun bagaimana dengan gerak pada tumbuhan?
1.     Gerak Autonom : Gerak autonom belum diketahui penyebabnya. Diperkirakan karena rangsang dari dalam tubuh tumbuhan sendiri.
2.     Gerak Esionom : Gerak Esionom dipengaruhi oleh rangsang dari luar tubuh tumbuhan, gerak ini ada  tiga macam: yaitu tropisme, nasti dan taksis.
3.     Gerak Higroskopis :  gerak yang disebabkan oleh perubahan kadar air (kelembapan) dari sel – selnya sehingga terjadi pengerutan yang tidak sama.

TUGAS :

Amati berbagai macam tumbuhan disekitar kalian. Perhatikan gerakan tumbuhan tersebut, setelah itu datalah jenis geraknya. Buatlah data sebanyak – banyaknya, dan kumpulkan data kalian dan bahaslah bersama teman dikelas..Laporan terbaik akan mendapat Voucher Education

Tidak ada komentar:

Posting Komentar