/>

Minggu, 24 Agustus 2014

GERAK LURUS BERATURAN

GLB (GERAK LURUS BERATURAN)

Gerak Lurus beraturan adalah gerak suat benda pada lintasan lurus sehingga benda tersebut menempuh jarak yang sama dalam selang waktu tetap. Contohnya GLB pada makhluk hidup yaitu Gajah Sumatra menempuh jarak 0,6 km dalam waktu 1 jam, maka dalam selang 1 jam berikutnya gajah tersebut juga menempuh jarak 0,6 km.
  1. JARAK DAN PERPINDAHAN
Jarak adalah panjang lintasan yang ditempuh suat benda yang bergerak dari titik awal (acuan) ke titik akhir. Jarak termasuk besaran skalar yaitu besaran yang hanya memiliki nilai, tetapi tidak mempunyai arah.
Perpindahan adalah perubahan kedudukan suat benda suat benda atau sistem (gabungan benda) dengan memperhatikan arah perubahan letak benda pada sistem tersebut, perpindahan hanya melihat posisi awal dan posisi akhir benda. Perpindahan termasuk besaran vektor, yaitu besaran yang memiliki nilai dan arah,

  1. KELAJUAN DAN KECEPATAN
Kelajuan didefinisikan sebagai perbandingan antara suat besaran terhadap lama waktu yang dibutuhkan, kelajuan suat benda tidak memperhatikan arah atau tujuan benda tersebut bergerak dan dirumuskan :

                          Jarak tempuh                  s
Kelajuan (v) = _____________  =         ____
                                       Waktu tempuh                t

V= kelajuan (m/s)
S= jarak yang ditempuh (m)
 t=waktu tempuh (s)


                          Perpindahan benda         x
Kecepatan (v) = _____________  =         ____
                                       Waktu tempuh                t



V= kecepatan (m/s)
S= perpindahan benda (m)
 t=waktu tempuh (s)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar